Belajar Berjalan Sendiri

Melihat dan membaca kondisi sekarang-sekarang ini yang kualami jelas di hadapan mata, rasanya jadi ingat lagu bawaan George Benson atau Whitney Houston yang penggalan bunyinya “… I’ve decided long ago…. never to walk in anyone shadow….”. Rasanya bener toh…. walk in anyone shadow itu nggak enak banget. Walk in anyone shadow itu bisa saja mempercayakan sesuatu pada seseorang, dan seseorang itu tidak ada jaminan untuk bisa diambil kepercayaannya.

Saat jaminan akan kepercayaan itu semakin mahal, kiranya saatnya untuk mulai berjalan dengan kaki sendiri. Bukan berarti semuanya mesti dikerjakan sendiri, namun yang terpenting mampu dikerjakan oleh sendiri bagian-bagian penting yang sangat menentukan pekerjaan. Mahalnya kepercayaan seringkali dibuat murah oleh beberapa gelintir orang. Padahal jika kepercayaan itu hilang atau terjual…. tidak akan bisa terbeli lagi… hilang begitu saja.

Jaman ini seakan-akan individualisme semakin dipegang, apalagi jika urusannya berasosiasi dengan uang atau duit! Kalau sudah begini mudah saja menjual kepercayaan yang tumbuh natural tanpa biaya. Kalau sudah begini nih… urusan yang dekat dengan duit, prinsip yang dijalankan pertamakali adalah siapa yang dekat? siapa yang bisa dipegang kepercayaannya? JIka bisa dipegang kepercayaannya namun nggak dekat! Jangan Harap!!! Garuk semua untuk dirinya sendiri dan kelompoknya meski ada pihak-pihak lain yang lebih berhak dan cukup mendukung menjadi backbone dalam kegiatan.

Yah…. memang payah…. ini lah saatnya memang untuk mulai belajar berjalan sendiri… apapun, bagaimanapun, kapanpun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s